Habitat for Humanity Indonesia Gandeng Samsung C&T resmikan Project Samsung Village #6 di Cilamaya

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, Susanto (kiri) bertukar cinderamata kepada Direktur Jawa1 CCPP, Young-Man Kwon (kanan) usai meresmikan Project Samsung Village #6 di Cilamaya. Foto : istimewa
Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, Susanto (kiri) bertukar cinderamata kepada Direktur Jawa1 CCPP, Young-Man Kwon (kanan) usai meresmikan Project Samsung Village #6 di Cilamaya. Foto : istimewa

 

jakarta24jam.com (Cilamaya) – Samsung C&T Corporation mendukung keluarga dan masyarakat di Cilamaya, Karawang melalui program CSR-nya yang berkolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia dan Habitat for Humanity Korea. CSR ini ditujukan untuk fokus pada penyediaan kebutuhan dasar bagi masyarakat setempat yang meliputi rumah, air bersih, serta fasilitas sanitasi. Pada 1 Oktober 2019, Samsung C&T dan Habitat for Humanity Indonesia akan secara resmi menutup Project Samsung Village #6 yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan standar kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya rumah layak huni sebagai komitmen Habitat for Humanity dan Samsung untuk mendukung masyarakat berkembang sesuai SDGs agenda.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia bersyukur atas kolaborasi yang melibatkan Samsung C&T serta anggota masyarakat sebagai yang berkewajiban untuk terus memberdayakan dirinya sehingga menjadi masyarakat yang mandiri. “Kami peprcaya bahwa kehidupan dimulai dari rumah. Dengan rumah layak huni, air bersih, serta fasilitas sanitatsi, keluarga dan tumbuh sehat. Kami juga percaya bahwa program CSR Samsung C&T akan membantu keluarga serta masyarakat. Habitat mendukung masyarakat berdasar pada pendekatan konstruksi dan akan memastikan keberlanjutan konstruksi bagi keluarga dan masyarakat,” jelas Susanto.
Dua unit toilet umum serta 3 fasilitas air telah dibangun di Desa Cikalong dan Desa Tegalwaru, sebagai tambahan terdapat 20 rumah layak huni yang dibangun di area ini untuk mendukung keluarga berpenghasilan rendah. Di samping itu, Samsung C&T mengadakan pelatihan sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan yang meliputi konstruksi dasar bagi 34 orang, pelatihan kebersihan untu 254 orang, serta literasi keuangan bagi 28 orang.
“Kami sangat senang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia untuk meningkatkan kondisi kehidupan penduduk desa di Cilamaya. Kolaborasi Samsung C&T dengan Habitat for Humanity menunjukkan devosi kami terhadap masyarakat setempat. Kami berharap bahwa Samsung Village Project akan membangun fondasi bagi sedikit orang khusus untuk dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kehidupan mereka. Kami akan terus meningkatkan kehidupan orang di sekitar kami,” tutur Young-Man Kwon, Direktur Jawa1 CCPP.
Melalui kolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia, Samsung C&T telah melakukan pengembangan dan renovasi bagi 2 unit bangunan sekolah yakni di PAUD Nurkahive di Cilamayan dan Madrasah An-Nur di Desa Mekarmaya. Habitat for Humanity Indonesia percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk kesetaraan dan pemenuhan akses pendidikan sebagai cara untuk mewujudkan peningkatan masa depan bagi generasi dengan cara yang berkelanjutan. (REL/RED)