SK Menkumham Putuskan Relawan Jokowi Bersatu Indonesia Resmi Jadi Perkumpulan

Ketua Perkumpulan RJB Indonesia, Silvia Devi Soembarto. Foto : istimewa
Ketua Perkumpulan RJB Indonesia, Silvia Devi Soembarto. Foto : istimewa

jakarta24jam.com – Relawan Jokowi Bersatu (RJB) Indonesia resmi menjadi sebuah perkumpulan setelah Kementerian Hukum dan HAM RI mengeluarkan akte surat keputusan dengan nomor AHU-0010841.AH.01.07.Tahun 2019, pada Senin (14/10/2019).

Ketua Perkumpulan RJB Indonesia, Silvia Devi Soembarto mengatakan menjadi perkumpulan bukanlah akhir perjuangan para relawan pendukung Jokowi.

Silvia menambahkan, Perkumpulan merupakan tahap awal untuk mengawal pemerintahan agar bisa berjalan sebagaimana mestinya, proses menjadi perkumpulan juga merupakan wujud transformasi dan kedewasaan para relawan.

Sebelumnya pada 10 Agustus 2019, Relawan Jokowi Bersatu berganti nama menjadi Relawan Jokowi Bersatu (RJB) Indonesia.

“Kini setelah keluar SK dari Kemenkumham HAM, RJB Indonesia menjadi perkumpulan,” ujar Silvia.

Silvia mengatakan, selain mengawal jalannya pemerintahan, Perkumpulan RJB Indonesia juga diharapkan bisa lebih aktif dan kreatif membantu pemerintahan dalam membangun kehidupan bermasyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.

“Tingkatkan kualitas diri dan buat prestasi  sehingga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan kita,” kata Silvia.

Relawan Jokowi Bersatu hadir ditengah-tengah masyarakat di seluruh Indonesia dan mendeklarasi diri pada tanggal 10 Maret 2018 sekaligus disertai dengan pelantikan Dewan Pimpinan Pusat bertempat di Gedung Joeang 45, Jakarta.

Tujuan utama dibentuknya Relawan Jokowi Bersatu pada saat itu adalah untuk menghimpun kesatuan organisasi relawan guna mengawal program-program Jokowi yang sudah berjalan dan yang paling utama adalah memenangkan Jokowi di Pilpres 2019. (TIP/REL),