QR Code Pada Papan Proyek IMB Mulai Dipasang PTSP Kecamatan Jatinegara

Foto : istimewa
Kepala PTSP Jatinegara, Wisnu Pria Utama. Foto : istimewa

jakarta24jam.com – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Jatinegara melakukan langkah inovatif dengan mencantumkan QR Code pada papan IMB yang terintegrasi dengan JakEvo. Pencantuman QR Code juga bermaksud mengoptimalkan kerja bimbingan pengawasan dan pengendalian (Binwasdal).

“QR Code merupakan inovasi yang kita ciptakan untuk menjawab masalah yang sering terjadi yakni soal keberadaan papan IMB yang tidak teregister,” ujar Kepala PTSP Jatinegara, Wisnu Pria Utama, di Jakarta Timur, Kamis (27/6/2019).

“QR Code akan memberikan informasi lengkap soal yang status IMB bangunan tersebut. Dengan format QR Code pihak terkait seperti dinas citata dan satpol pp dapat langsung melakukan scanning sehingga tidak memperlama pengawasan,” tambahnya.

Menurut Wisnu, QR Code juga dapat mencegah pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat yang sedang melakukan proses pembangunan rumah tinggal.

“Banyak terdapat pelanggaran yang dilakukan masyarakat. Ada yang papan proyek dicabut dan ada juga yang dicetak sendiri, padahal PTSP tidak mengeluarkan izin,” jelas Wisnu.

“Jadi dengan adanya QR Code kecurangan akan dengan mudah diketahui oleh Binwasdal, dan dapat langsung mengambil tindakan,” pungkasnya. (Potan Ahmad/RED)