PermataBank Luncurkan Sharia Mobile Banking Super App

Launching Ceremony PermataBank Sharia Mobile Banking Super App (Kiri-Kanan: David Allan Worth - Komisaris Independent PermataBank, Abdy D. Salimin - Direktur Teknologi & Operasi PermataBank, Ridha M. Wirakusumah - Direktur Utama PermataBank, Djumariah Tenteram - Direktur Retail Banking PermataBank, Herwin Bustaman - Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank). Foto : Dadang Subur
Launching Ceremony PermataBank Sharia Mobile Banking Super App (Kiri-Kanan: David Allan Worth – Komisaris Independent PermataBank, Abdy D. Salimin – Direktur Teknologi & Operasi PermataBank, Ridha M. Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank, Djumariah Tenteram – Direktur Retail Banking PermataBank, Herwin Bustaman – Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank). Foto : Dadang Subur

jakarta24jam.com – Setelah diluncurkan pada Agustus tahun lalu, PermataMobile X mulai memperluas sasaran dengan melayani perbankan syariah melalui PermataBank Syariah. Untuk itu, proses pembukaan rekening PermataBank Syariah dan transaksi-transaksi syariah lainnya bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi ini pun diklaim menjadi yang pertama kali di Indonesia terkait mobile banking berbasis syariah.

Direktur Utama PermataBank Ridha DM Wirakusumah mengatakan, mobile banking berkonsep syariah ini dihadirkan untuk memfasilitasi gaya hidup modern masyarakat urban. Pasalnya, saat ini banyak kebutuhan masyarakat yang mesti segera diselesaikan dalam hitungan waktu. Layanan aplikasi lewat mobile banking dinilai menjadi jawabannya.

”Kami melihat adanya kebutuhan yang tinggi dari pengguna dan peminat layanan perbankan syariah terhadap sebuah super app yang canggih dan modern,” katanya saat peluncuran Sharia Mobile Banking Super Apps di Jakarta, Selasa (10/9).

Lewat peluncuran ini, pihaknya ingin menghadirkan inovasi berbasis syariah yang memiliki fitur lengkap dan teknologi canggih serta kekinian. Hal ini turut mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia yang modern namun mudah untuk diakses dan digunakan.

“Pastinya apa yang ada di dalam PermataMobile X untuk Sharia Banking ini telah dirancang secara khusus dan kami harap dapat memberikan customer experience yang optimal,” tambahnya.

Saat ini, aplikasi PermataMobile X didukung  Iebih dari 200 fitur unggulan yang memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan memberikan pengalaman perbankan yang modern dan mudah namun tetap berbasis syariah.

Direktur Teknologi dan Operasional PermataBank Abdy D Salimin menambahkan, aplikasi ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia bahkan di dunia yang bisa melayani transaksi syariah. Jenis transaksinya beragam mulai dari pembukaan rekening, investasi reksadana, deposito, transfer uang, dan pengajuan pembiayaan secara online.

“Keunggulannya banyak, semua produk bisa dilihat dalam satu apps, apakah produk konvensional atau syariah beli lewat Permata Store, Ngga perlu banyak apps satu cukup,” tambahnya.

Bahkan PermataBank dalam waktu dekat juga akan meluncurkan fitur lifestyle dalam aplikasi PermataMobile X. Fitur ini bisa untuk pemesanan hotel,tiket pesawat, tiket kereta api,dan sebagainya.

PermataBank Syariah sendiri memiliki empat produk unggulan yang dapat mendukung gaya hidup masyarakat modern seperti; PermataTabungan iB Haji Regular, PermataTabungan iB Bebas, PermataTabungan iB Optima, PermataME i8, serta produk lainnya seperti Giro iB, pembelian reksadana syariah, dan lebih dari 200 fitur unggulan lainnya.

Direktur Unit Usaha Syariah (UUS) PermataBank Herwin Bustaman menyatakan berdasarkan data Bank Dunia, hanya 36% masyarakat Indonesia yang mempunyai rekening. Sementara,dari jumlah tersebut, 31% di antaranya memilih transaksi keuangan syariah.

“Ini yang mau kita kejar, besar banget pasar syariah yang mau kita garap,” katanya.

Pihaknya juga menyasar 64% masyarakat Indonesia yang belum mempunyai rekening. Saat ini, jumlah nasabah PermataBank Syariah sekitar 900 ribu.

Ia menargetkan dengan adanya aplikasi PermataMobile X ini jumlah nasabah akan bertambah sekitar 100 ribu dalam waktu satu tahun. Penambahan nasabah tersebut adalah nasabah baru dan bukan nasabah PermataBank yang sudah ada.

Menurutnya, sudah saatnya perbankan syariah memasuki era baru dimana digital menjadi kunci penting. Dia menyatakan dengan adanya PermataMobile X maka beberapa transaksi dapat dilakukan cukup melalui aplikasi. Sementara, fungsi kantor cabang sendiri bersifat untuk transaksi besar yang membutuhkan interaksi dengan customer service.

Sebagaimana diketahui, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, dimana lebih dari 84% dari total penduduk di Indonesia adalah umat Islam. Namun, tingginya jumlah penduduk muslim tidak seimbang dengan pangsa pasar perbankan Islam di Indonesia yang hanya 5,7%. Persentase tersebut relatif kecil apabila dibandingkan dengan negara-negara muslim lainnya.

Selain itu, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat terhadap bank berbasis syariah juga masih relatif rendah jika dibandingkan dengan bank konvensional.

Tingkat inklusi perbankan syariah secara nasional pada tahun 2016 hanya di angka 9,61%. Sementara itu, tingkat inklusi perbankan konvensional pada periode yang sama telah menyentuh 63,63%. (TIP/RED)

Hal tersebut yang membuat pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia sangat kecil. Faktor manfaat, fitur, accessibility dan kenyamanan seringkali menjadi pertimbangan bagi masyarakat urban untuk menggunakan jasa perbankan.